DENPASAR – Kementerian Pariwisata menargetkan sebanyak 800 ribu wisatawan mancanegara (wisman) asal India berkunjung ke Indonesia pada tahun ini. Hal ini terkait dengan partisipasi Indonesia dengan Paviliun Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata pada acara Asia Dive Expo (ADEX) India Ocean Festival 2019 yang berlangsung pada 4-6 Oktober 2019 di Bombay Expo Center 2019, Mumbai, India.

Seperti dikutip dari siaran pers Kemenpar, Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional III Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Sigit Witjaksono mengatakan wisman India yang berkunjung ke Indonesia didominasi anak muda usia sekitar 25 tahun. Besaran belanja para wisman itu, kisaran US$ 1.000 perkunjungan dengan lama tinggal rerata 7-10 hari.

Dalam pameran itu, Paviliun Wonderful Indonesia meraih penghargaan Best Booth of The Year. Dengan prestasi ini, promosi destinasi pariwisata Indonesia, khususnya wisata bahari, dapat diterima oleh masyarakat internasional. Kementerian Pariwisata menempati booth seluas 54 m2 yang terletak di area B09-B14 yang memfasilitasi kehadiran 10 industri diving di Indonesia.

Witjaksono mengatakan partisipasi Indonesia para acara ini bertujuan menarik wisatawan minat khusus diving. “Apalagi karena meningkatnya awareness dan ketertarikan wisatawan India terhadap wisata bahari di Indonesia, melalui presentasi dan diskusi panel yang melibatkan narasumber dari Indonesia, aktivis, dan pegiat olahraga diving,” katanya.

ADEX merupakan pameran internasional bertema diving yang diselenggarakan sejak 25 tahun lalu di Singapura, Beijing, dan Shanghai. ADEX merupakan ajang pertemuan industri, stakeholders, komunitas, dan penggiat wisata bahari, wisata selam, dan konservasi laut dari seluruh dunia. Ini merupakan yang pertama kalinya ADEX diselenggarakan di India.

Untuk meningkatkan pemahaman pengunjung mengenai wisata bahari di Indonesia, Kemenpar menghadirkan narasumber resmi sebagai guest speaker yaitu Daniel Abimanju Carnadie (Abie) yang juga sebagai Tim Percepatan Wisata Bahari Bidang 3 Wisata Bawah Air. Abie sudah berpengalaman selama 20 tahun menjadi penyelam professional dan telah aktif mendukung industri diving Indonesia.

Pada ADEX 2019 di Mumbai ini turut hadir Mantan Presiden Maldives, Mohamed Nasheed yang menyampaikan keynote speech dan aktris Bollywood sekaligus ADEX India Ambassador, Parineeti Chopra. “Acara ADEX ini sangat penting karena menyebarkan pesan kepada masyarakat dunia apa yang sedang terjadi pada alam, kita harus menjaganya untuk generasi mendatang,” kata Mohamed Nasheed dalam speechnya.

India menjadi salah satu potensial pasar bagi Indonesia. Jumlah wisatawan negara ‘Anak Benua’ itu tercatat memiliki grafik positif. Pada 2012, tercatat ada sebanyak 196.983 kunjungan wisatawan India ke Indonesia. Namun menurut data resmi dari Badan Statistik Indonesia (BPS) jumlah tersebut meningkat tiga kali lipat menjadi 588.509 pada 2018. Jumlah ini meningkat dibanding 2017 sebesar 485.314 kunjungan wisman India.

Leave a comment